RRC Larang Siswa Muslim Ikut Pengajian Selama Libur Sekolah

Eramuslim – Cina kembali melakukan praktik pengekangan beragama di berbagai wilayah mayoritas Muslim. Dilansir Reuters, Rabu (17/1), pemerintah di provinsi barat Cina dilaporkan telah mengeluarkan larangan bagi siswa Muslim untuk ikut pengajian atau pelajaran agama pada libur musim dingin kali ini.

Larangan yang dirilis di situs biro pendidikan ini salah satunya dikeluarkan di kota Linxia di provinsi Gansu, rumah bagi masyarakat etnis minoritas Muslim Hui.

Dalam larangan disebutkan, para siswa Muslim di kota ini dilarang masuk “gedung keagamaan” seperti masjid selama liburan. Mereka juga dilarang membaca teks-teks keagamaan selama libur.

Para siswa dan guru diharapkan memperkuat ideologi dan propaganda politik.

Reuters sendiri telah mencoba mengkonfirmasi kepada pejabat biro pendidikan Linxia, akan tetapi mereka menolak menjawab dan menutup telepon.

Foto larangan itu juga diunggah oleh Xi Wuyi, cendekiawan Marxis di Chinese Academy of Social Scientists di akun Weibo miliknya.

Xi yang dikenal kerap memprotes kebangkitan Islam di China, mendukung larangan itu dengan mengatakan China telah melakukan tindakan konkret memisahkan agama dan pendidikan. (Kmp/Ram)