CNN: Tim Hacker Rusia Picu Ketegangan Qatar vs Saudi Cs

Hacker

Eramuslim – Kantor berita CNN menuding kelompok hacker asal Rusia berada adalah pihak yang bertanggung jawab atas peretasan kantor berita resmi Qatar News Agency, serta memicu ketegangan pemerintah Doha dengan sejumlah negara Arab yang dimotori oleh Saudi Cs.

“Tujuan Rusia adalah untuk meningkatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan sekutunya,” ujar sumber yang dirahasiakan identitasnya kepada CNN.

Sumber melanjutkan, “Para peniliti AS menduga bahwa kelompok hacker asal Rusia telah menyusup ke situs Qatar News Agency, lalu membuat laporan palsu terkait Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, yang kini menjadi bola panas dalam krisis hubungan diplomatik di kawasan Teluk dan tetangganya.”

Sumber mengungkapkan bahwa FBI telah mengirim tim penyelidik ke Doha untuk membantu pemerintah Qatar dalam penyelidikan terkait dugaan pelanggaran yang menyebabkan ketegangan dengan Arab Saudi dan sejumlah negara lainnya.

FBI dan CIA hingga kini menolak berkomentar terkait pemberitaan yang dilontarkan CNN. Akan tetapi seorang juru bicara untuk Kedutaan Besar Qatar di Washington mengatakan bahwa investigasi saat ini masih terus berlanjut, dan hasilnya akan diumumkan segera. (Sputnikarabic/Ram)