Demi Aleppo, Muslimah Turki Rela Jual Mas Kawin Pernikahan

husna-bayyerEramuslim – Bukan karena besaran jumlah uang yang dikeluarkan oleh Husna Bayyar (24 tahun) yang mendadak menjadi viral perbincangan di Turki setelah menyumbang dana sekitar 40 dolar AS untuk Aleppo. Melainkan pengorbanan yang dilakukannya untuk menjual mas kawin pernikahan demi meringankan beban saudaranya di Suriah.

“Setelah berhasil menjual cicin pernikahan seharga 130 lira Turki (sekitar 40 dolar AS) saya pergi pada hari Sabtu kemarin ke gedung walikota Sivas, untuk memberikan sumbangan uang dalam penggalangan dana yang dimotori oleh Walikota Sami Aydin,” ujar Husna kepada reporter Anatolia.

Husna melanjutkan, “Saya ingin ikut berpartisipasi dalam kampanye penggalangan dana yang dilakukan Pemkot Sivas untuk meringankan penderitaan anak yatim dan terluka di kota Aleppo, yang dibunuh oleh tentara rezim Syiah Bashar al-Assad dan teroris yang setia kepadanya.”

Tidak sampai disana, Husna bahkan menolak uang pengganti dengan jumlah yang lebih yang diberikan oleh Walikota Sami Aydin untuk dapat mengambil kembali cicin pernikahannya, serta bantuan lainnya yang diberikan oleh sejumlah organisasi kemanusiaan.

Husan menegaskan bahwa dirinya menjual cincin kawinnya setelah meminta izin suaminya dalam rangka berkontribusi untuk membantu orang-orang dari kota Aleppo, yang menyaksikan tragedi kemanusiaan yang mengerikan.

“Saya tidak bisa berpangku tangan melihat pembantaian di Aleppo. Saya berinisiatif untuk menjual cincin kawin karena mereka tidak memiliki uang untuk membantu mereka yang tertindas,” tutup Husna. (Anatolia/Ram)