Dengan Lantang Malaysia Sebut Pembantaian Muslim Myanmar Sebagai “Pembersihan Etnis”, Indonesia Kemana???

pm-malaysiaEramuslim – Sabtu 3 Desember 2016, pemerintah Malaysia resmi mengutuk tindakan pembantaian dan pengusiran etnis Muslim Myanmar dan menyebutnya sebagai upaya “pembersihan etnis” minoritas.

Pernyataan ini dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataan resminya sebelum aksi solidaritas bersama Muslim Myanmar yang akan dipimpin Perdana Menteri Najib Razak di ibukota Kuala Lumpur pada hari Sabtu ini.

Kemenlu Malaysia mendesak pemerintah Myanmar segera menghentikan praktek-praktek diskrimisasi ini untuk mengembalikan keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara.

Juru bicara  badan pengungsi PBB di Bangkok, Thailand, Vivian Tan, dalam pernyataan resminya pada 30 November kemarin mencatat sekitar 10 ribu orang telah melarikan diri ke negara tetangga sejak tentara Myanmar melancarkan serangan pada awal Oktober lalu.

PBB sendiri memperkirakan tentara Myanmar telah melakukan tindakan kekerasan di negara bagian Rakhine dan memaksa sekitar 30 ribu orang untuk meninggalkan rumah mereka. (Almasryalyoum/Ram)