Di Era Jokowi, Peringkat Kebahagiaan Indonesia Terjun Bebas ke Bawah

Eramuslim – Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 20 Maret sebagai Hari Kebahagiaan Dunia atau yang dikenal dengan “International Day of Happiness”.

Bertepatan dengan momen tersebut, PBB merilis daftar peringkat kebahagian negara-negara di dunia. Bertengger diposisi 10 besar, Nordik merajai negara-negara paling bahagia di dunia. Sedangkan Benua Afrika, menempati posisi buncit.

Dalam penetapannya, PBB menetapkan 5 variable dalam memberi peringkat suatu negara yang terdiri dari pendapat perkapita, harapan hidup sehat, kebebasan sosial, dukungan sosial, persepsi korupsi.

Di nomor satu ada Finlandia yang melesat dari posisi 5 di tahun sebelumnya menduduki peringkat utama. Norwegia menempati posisi kedua yang disusul dengan Denmark diposisi ketiga.

Lalu bagaimana Indonesia;

Indeks kebahagian di negara tercinta kita terus menurun sejak peralihan kekuasaan SBY ke Jokowi pada tahun 2014 silam. Saat pergantian Presiden, SBY membawa Indonesia di peringkat ke 74 ditahun 2014.

Satu tahun menjabat, Jokowi langsung membawa indeks kebahagian Indonesia turun ke posisi 79. Lalu terus turun keposisi ke 81 pada tahun 2016.

Dan ditahun 2017 posisi Indonesia kembali mendem ke bawah di posisi 96, turun 15 peringkat, dari 150 negara yang disurvei PBB. (Cnni/ram)

Berikut videonya;