free hit counters
 

Di Kota Ini, Seruan dan Ajakan Rasul SAW Ditolak

Redaksi – Jumat, 12 Januari 2018 08:00 WIB

Eramuslim.com – Kota Taif, yang berada sekitar 70 km dari kota Makkah, Arab Saudi, kerap dikunjungi oleh rombongan jamaah haji dan umrah. Mereka datang ke Taif untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di kota ini.

Salah satu tempat yang menarik perhatian di Taif adalah Masjid Al-Qu’a dan Al-Qantara, yang terletak di lingkungan Al-Mathnah. Khalid Al-Shirbi, pemandu wisata yang berlisensi untuk Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTH), mengatakan, Masjid Qantara, yang juga dikenal dengan Masjid Al-Madhoun, dibangun sekitar 162 tahun yang lalu.

“Masjid itu dibangun pada era Ottoman. Hanya gaya bangunannya, terinspirasi dari arsitektur Abbasiyah, yang memberi kesan kuno,” kata Al-Shirbi, dilansir dari Arab News, Kamis (11/1).

Dia mengatakan, bahwa ladang di mana Nabi Muhammad beristirahat setelah diusir dari Taif dan ditawari buah oleh Addas, seorang petani, berada di sisi berlawanan dari masjid. Masjid lain yang banyak dikunjungi wisatawan di Taif adalah Masjid Al-Qu’a, yang dikonfirmasi oleh Al-Shirbi dibangun sekitar 800 tahun setelah wafatnya Nabi.

“Banyak turis percaya bahwa Nabi Muhammad datang ke tempat ini dan, dengan siku bersandar pada sebuah batu, meninggalkan bekas,” ujarnya.

Namun demikian, dia menambahkan, para pemandu wisata umumnya mencoba untuk menghapus konsep yang keliru seperti itu. Hanya saja, beberapa cerita telah terukir di benak para turis. Al-Shirbi menunjukkan, bahwa sebagian besar wisatawan yang berkunjung berasal dari Malaysia, Indonesia, Pakistan, Singapura, Bangladesh dan Turki.

Dia mengatakan, Orang-orang Pakistan, khususnya, menyebutnya ‘Masjid Hazrat Ali,’ yang mengacu pada Ali Bin Abi Thalib, sepupu Nabi. Yang mana, mereka mengira Ali bersama Nabi saat berada di Taif. Padahal. menurutnya, hal itu sama sekali tidak benar.

Penulis biografi Islam memiliki pendapat yang berbeda, di mana Nabi saat itu mungkin sendiri atau ditemani oleh Zaid bin Haritsah. Namun, kata dia, bukan bersama Ali.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus