free hit counters
 

Di Negara Ini, Umat Islam Berpuasa Selama 19 Jam

zahid – Jumat, 18 Mei 2018 13:30 WIB

Eramuslim – Umat Islam di seluruh dunia telah menjalankan ibadah puasa pada Kamis (17/5). Meski sebagian besar negara mengawali puasa pada tanggal yang sama, tetapi lama berpuasa berbeda-beda di setiap wilayah.

Muslim Indonesia cukup beruntung dengan waktu berpuasa selama 13 jam. Di wilayah lain, waktu berpuasa bahkan bisa mencapai 19 bahkan 20 jam, termasuk di Kanada bagian utara.

Posisi seorang Muslim di bagian Bumi ini ternyata menjadi tantangan tersendiri. Tahun ini, Ramadhan datang bertepatan dengan masa siang hari terlama di tahun 2018.

Muslim di Makkah, Arab Saudi, berpuasa selama 14 jam. Di Toronto, komunitas Muslim berpuasa selama 16 jam. Muslim di Australia berpuasa dengan waktu cukup pendek, yakni selama 10 jam.

Namun, di Edmonton, Kanada bagian utara, komunitas Muslim harus berpuasa selama 19 jam. Bahkan, pada akhir-akhir Ramadhan, mereka harus menahan lapar, dahaga, dan emosi selama 20 jam

Waktu untuk makan pada malam hari menjadi hanya empat jam. Edmonton adalah wilayah Kanada paling utara sehingga mengalami siang paling lama di Bumi.

Meski cukup berat, sebagian besar dari mereka terbiasa dengan kondisi ini. Jadwal disesuaikan berdasarkan letak geografis, meski matahari seperti tidak pernah tenggelam di sana.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus