Diam-Diam Rusia Sebar Sistem Pertahanan Udara S-300 Di Suriah

s-300Eramuslim – Wakil Menteri Pertahanan Rusia Dmitry Bulgakov mengungkapkan kebijakan negaranya untuk mengirimkan sistem pertahanan udara canggih S-300 ke ibukota Damaskus dengan tujuan mempertahanankan wilayah udara Suriah.

“Sebelumnya Moskow telah mengirim sistem anti udara S-300 khusus untuk mengamankan pangkalan laut Rusia di kota Tartous. Kali ini kami kembali mengirimkan sistem pertahanan tersebut untuk menjaga wilayah udara Suriah,” seperti dilansir kantor berita Rusia Today dalam terbitannya hari Senin (5/12) kemarin.

Tidak ada informasi lebih lanjut yang diberikan Wakil Menhan Dmitry Bulgakov mengenai kapan pengiriman sistem anti udara S-300 ke Suriah.

Selain telah menempatkan sistem anti udara S-300, Rusia diberitakan telah mempersenjatai militer rezim Syiah Bashar al-Assad dengan sistem baterai rudal anti pesawat Pantsir S1 sejak bulan Oktober kemarin.

Pantsir S1 adalah rudal jarak pendek yang dikombinasikan untuk penggunaan jarak menengah dari permukaan-ke-udara yang menargetkan pesawat udara musuh. (Dostor/Ram)