Diancam AS, Turki: Kami Tidak Takut dan Siap Membalas

Eramuslim – Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu menegaskan negaranya tidak takut dengan rencana Amerika Serikat untuk menjatuhkan sanksi kepada Ankara. Menlu Turki ini justru melemparkan ancaman balik, dengan menyatakan Turki akan memberikan respon yang sesuai jika sanksi jadi dijatuhkan.

Gedung Putih dalam beberapa pekan terakhir dilaporkan tengah menggodok rencana untuk menjatuhkan sanksi kepada Turki, terkait dengan keputusan Ankara untuk membeli sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

“Jika AS ingin menghukum Turki dengan sanksi, Turki akan bereaksi dengan cara lain, tidak seperti Rusia atau negara lainnya. Kami akan merespon. Anda tidak dapat mengancam Kami. AS mengancam banyak negara dengan mengatakan ‘Jangan membeli gas dari satu atau negara lain. ‘ Itu tidak berhasil terhadap kami,” tegas Menlu Cavusoglu, lansir Sputnik, Minggu (11/3).

Dalam kesempatan yang sama, Menlu Cavusoglu juga menyinggung perihal upaya damai di Suriah. Politisi AKP ini menyatakan Turki bersama dengan Rusia telah mencapai kemajuan nyata dalam penyelesaian konflik Suriah.

“Dalam satu setengah tahun, kita bersama-sama dengan Rusia mencapai kemajuan, dalam memastikan rezim gencatan senjata dan penciptaan zona de-eskalasi, untuk menemukan solusi politik dalam konflik Suriah,” ucapnya.

Cavusoglu menambahkan, Turki berharap Rusia dan Iran akan mengakhiri pelanggaran terhadap kesepakatan yang dicapai di Astana dan Sochi mengenai Suriah. (Sn/Ram)