Din Syamsuddin: Soal Rohis Diawasi, Rencana Menteri Agama Dianggap Kurang Mendidik

Eramuslim – Pernyataan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin agar Rohis (Pembina Rohani Islam) di sekolah-sekolah diawasi, terus menuai kritik. Bahkan, mantan ketua umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin menilai, pernyataan Menag itu kurang mendidik.

“Seharusnya Menag berterima kasih kapada para Rohis di sekolah-sekolah yang selama ini, berjasa dalam ikut membina kerohanian siswa. Justru dalam keadaan kekurangan guru agama seperti yang dilansir selama ini, para rohis telah berperan mengisi kekosongan itu,” tegas Din dalam keterangannya kepada Republika, Sabtu (8/7).

Din bahkan mengetahui, bahwa Rohis di sekolah-sekolah tingkat menengah berjasa dalam membina pemahaman keagamaan siswa, sekaligus membentuk akhlak generasi muda. “Bahwa mungkin ada rohis yang tidak atau belum benar, justru itu tugas Kemenag utk membinanya,” ujarnya.

Menurutnya, mengeneralisasi sesuatu itu berbahaya. Kemenag harus berbuat membantu pembinaan kerohanian di sekolah2 umum maupun sekolah-sekolah agama swasta. “Jadi, jangan bertindak represif terhadap hal yang seharusnya edukatif. Sudah tidak zamannya lagi pemerintah itu bersikap represif. Jangan karena tidak berbuat apa-apa justeru mau mengawasi,” tandasnya. (Rol/Ram)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/pahlawan-akankah-hanya-menjadi-kenangan-untold-history-eramuslim-digest-edisi-9.htm