Saudi Segera Bangun Reaktor Nuklir

Eramuslim – Dewan Kerajaan Arab Saudi menyetujui program pengembangan reaktor atom nuklir yang menjadi bagian dari program nasional kerajaan untuk mewujudkan Saudi Vision 2030 di bawah kepemimpinan Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.

Dalam rilisnya, Dewan Kerajaan menekankan bahwa semua aktivitas pengembangan reaktor nuklir Arab Saudi dimanfaatkan untuk tujuan damai, sesuai dengan batasan yang telah ditentukan oleh perjanjian internasional, lansir Al Arabiya, Selasa, (13/3).

Berikut pengumuman kebijakan nasional Arab Saudi terkait Program Energi Atom Nuklir Kerajaan Arab Saudi yang dirilis Kantor Berita Resmi, Saudi Press Agency :

Dewan Kerajaan menyetujui kebijakan nasional mengenai Program Energi Atom Kerajaan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Membatasi semua kegiatan pengembangan atom nuklir untuk tujuan damai, dalam kerangka kerja dan hak yang telah ditentukan oleh undang-undang, perjanjian dan konvensi internasional.

2. Mematuhi prinsip transparansi dalam aspek regulasi dan operasional.

3. Memiliki standar keselamatan nuklir dan di tempat fasilitas nuklir dan radiologis, sesuai dengan kerangka peraturan dan pengawasan independen.

4. Mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam nasional, termasuk minyak mentah nuklir dan penerapan standar global dan praktik internasional pengelolaan limbah radioaktif.

5. Mencapai keberlanjutan melalui pengembangan produksi lokal di sektor energi atom.