free hit counters
 

Doa Orang Yang Cerdas

Redaksi – Rabu, 22 Jumadil Awwal 1439 H / 7 Februari 2018 20:50 WIB

Eramuslim.com – Orang yang cerdas ialah orang yang berakal sehat, berhati bersih, serta berfikiran jernih dan tajam. Dalam al-Quran disebut ulul-albaab. Terdapat dalam al-Quran surat al-Baqoroh ayat 269, Ali Imron ayat 7 dan 190, Yusuf ayat 111, ar-Ro’du ayat 202, Ibrohim 52, Shod ayat 29 dan 43, az-Zumar ayat 18 dan 21, dan surat Ghofir ayat 54.

Menurut bahasa, kata albaab, berasal dari kata lubb liyb dan lubaab yang berarti akal hati nurani dan fikiran.
Dan menurut istilah, diantaranya, dijelaskan dalam sebuah hadis :

الكيس من دان نفسه و عمل لما بعد الموت و العاجز من أتبع نفسه هواها و تمنى على الله الأماني

Orang yang cerdas itu ialah orang yang mampu mengendalikan nafsu dan beramal untuk kehidupan setelah mati. Sedangkan orang yang lemah adalah orang yang mengikuti hawa nafsunya dan berangan angan banyak kepada Allah. (Hadis riwayat Tirmidzi dari Syaddad bin Aus ra, didhoifkan oleh Syaikh al-Baany dalam kitab al-Jaami’us Shoogiyr wa ziyaadatuh juz III halaman 979)

Sedangkan menurut al-Quran surat Ali Imron ayat 191, orang yang cerdas ialah orang yang selalu berdzikir kepada Alloh swt , berfikir tentang penciptaan langit dan bumi, serta senantiasa berdoa dan sangat takut dengan adzabNya.

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ [آل عمران : 191]

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Setidaknya ada empat doa yang dimohonkan orang cerdas kepada Allah swt :
1. Memohon manfaat dan kebaikan serta keberkahan dari semua ciptaan Alloh swt, terutama dari langit dan bumi. Dan minta dijaga dari adzab neraka.

رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ [آل عمران : 191]
Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

2. Memohon kemulyaan dan pertolongan Alloh swt dengan tidak dimasukkan kedalam neraka dan dijauhkan dari perbuatan dholim.

رَبَّنَا إِنَّكَ مَنْ تُدْخِلِ النَّارَ فَقَدْ أَخْزَيْتَهُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ [آل عمران : 192

Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

loading...

Berita Terbaru

blog comments powered by Disqus