Dukung Operasi Teroris, AS Serahkan 75 Rudal Hellfire Dan 10 Drone Kepada Pemerintah Irak

droneSeperti dilansir surat kabar New York Times yang terbit hari Kamis kemarin menyatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat telah menyerahkan 75 rudal Hellfire kepada pemerintah Irak, untuk memerangi kelompok bersenjata Al Qaeda.

Selain itu New York Times melansir bahwa pemerintah Washington tengah mempersiapkan untuk memberikan 10 pesawat Drone buatan Amerika kepada pemerintah Irak.

Dikutip dari seorang pejabat senior dalam pemerintahan Barack Obama menyatakan bahwa 75 rudal Hellfire telah diserahkan pemerintah AS pada pekan lalu, pejabat tersebut menjelaskan bahwa rudal tersebut nantinya untuk membantu pemerintah Irak memerangi kelompok bersenjata yang tergabung dalam Negara Islam Irak dan Syam yang terkait dengan gerakan al- Qaeda.

AS rencanannya akan mengirimkan pesawat drone berjenis Scan Eagle pada akhir Maret tahun 2014 mendatang. Pesawat jenis ini biasanya digunakan untuk mengidentifikasi lokasi sasaran penyerangan.

Pengumuman pengiriman peralatan militer ke Baghdad merupakan buah kunjungan Perdana Menteri Nuri al – Maliki ke Washington dua bulan lalu, di mana Maliki meminta pemerintah AS untuk mendapatkan peralatan militer untuk melaksanakan operasi di daerah terpencil.

Akan tetapi ebijakan pemberian peralatan militer AS ke Irak mendapat kecaman dari anggota senat dari partai Demokrat dan Republik, mereka menuduh Maliki tanggung jawab atas tindakan dan serangkaian kekerasan di Irak akibat kebijakan sektarian dan otoriter.

Menurut badan sensus AFP berdasarkan sumber-sumber keamanan dan medis terkait, lebih dari 6.700 orang tewas dalam kekerasan di Irak tahun 2013 akibat adanya koflik sekterian dan gerakan bersenjata Al Qaeda. (alarabiya/lndk)