free hit counters
 

11.000 Tahanan Masih Mendekam di Kamp-Kamp Penjara AS di Irak

Magdalena – Rabu, 15 Jumadil Akhir 1430 H / 10 Juni 2009 14:16 WIB

Militer AS menyatakan membebaskan atau menyerahkan para tahanan yang selama ini berada di kamp-kamp penjaranya pada pemerintah Irak, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan antara Baghdad dan Washington.

Militer AS di Irak mengklaim bahwa mereka hanya menahan sekitar 11.057 orang Irak yang tersebar di kamp-kamp tahanan mereka antara lain di kamp Cropper dan Kamp Taji yang berlokasi di Baghdad, serta kamp Kamp Bucca yang berlokasi di selatan Irak.

Dalam pernyataannya, militer AS mengatakan akan menutup Kamp Bucca jika jumlah tahanan sudah berkurang hingga dibawah angka 8.000 orang dan para tahanan yang tersisa itu semuanya akan dipindahkan ke Kamp Croopers dan Kamp Taji di Baghdad.

Berdasarkan kesepakatan antara Baghdad dan Washington, Kamp Taji akan diserahkan sepenuhnya ke pemerintah Irak awal tahun depan. Sedangkan Kamp Crooper baru akan diserahterimakan pada bulan Agustus 2010.

Jumlah tahanan yang diklaim AS hari Selasa kemarin, lebih kecil dari jumlah tahanan yang diumumkan militer AS pada bulan Maret kemarin yaitu sekitar 2.000 orang. AS mengklaim setengah dari 13.000 tahanan Irak adalah tahanan-tahanan yang berbahaya.

Dunia Islam Terbaru