17 Tentara Turki Tewas dalam Sebuah Kecelakaan Helikopter Militer

Sebuah helikopter militer Turki yang membawa tentara dalam sebuah misi melawan pemberontak Kurdi jatuh karena cuaca buruk pada hari Sabtu kemarin (10/11), menewaskan semua 17 tentara yang berada di dalamnya, kata para pejabat.

Tiga belas tentara dan empat awak kapal militer tewas dalam kecelakaan di bagian kabupaten Pervari di provinsi Siirt, di tenggara Turki, di mana pemberontak dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) berjuang untuk memiliki pemerintahan mereka sendiri.

Presiden Abdullah Gul mengatakan tentara sedang dalam perjalanan untuk membantu teman-teman mereka dalam operasi melawan para pemberontak yang telah meningkatkan serangan mereka dalam beberapa bulan terakhir, menambahkan insiden tersebut tidak akan menghalangi Turki dari tekad untuk melawan para pemberontak.

Gubernur provinsi, Ahmet Aydin, menyalahkan kecelakaan karena kabut tebal dan mengesampingkan jatuhnya helikopter karena serangan oleh kelompok pemberontak.

“Cuaca selama transportasi sangat buruk ada hujan yang ekstrim. Helikopter menabrak batu karena kabut,” kata Aydin dalam pernyataan yang disiarkan televisi. “Insiden ini murni kecelakaan dan bukan karena serangan pemberontak.”(fq/ap)

17 soldiers killed in helicopter crash