free hit counters
 

18 Bulan Yang Menentukan di Afghanistan

Saad Saefullah – Rabu, 15 Jumadil Akhir 1430 H / 10 Juni 2009 15:01 WIB

Afghanistan memasuki ambang kulminasi. Dalam waktu 18 bulan ke depan, jajaran militer AS telah menetapkan menjadi waktu kontroversial yang menentukan dalam misi mereka membantai Taliban di Afghanistan.



Robert Gates, Menteri Pertahanan AS mengatakan langsung dari Pentagon bahwa saat ini manuver Taliban tak bisa ditebak. Setelah merambah Pakistan, namun kemudian digempur oleh AS dan sekutunya dan juga militer Pakistan sendiri, Taliban bergerak kembaki ke Afghanistan. “Kondisi di Afghanistan semakin memburuk. Saya pikir selama ini kita (AS) menganggap enteng persoalan ini.” ujarnya dalam panel temu wicara dengan para senator di AS.

Rencananya, Gates akan menjalani sidak langsung ke Afghanistan pekan ini guna mempelajari lebih lanjut. Ia akan melakukan konsolidasi dengan Negara-negara Eropa dan juga NATO tentunya dalam menyusun rencana kongkret menghabisi Taliban.

Gates menegaskan bahwa segala sesuatunya akan ditentukan dalam waktu 12 atau 18 bulan ke depan. Saat itulah AS akan segera mengumumkan apakah mereka memenangkan perang di Afghanistan atau tidak. Gates menyatakan bahwa pemilu Afghansitan akan menjadi momentum.

Pernyataan Gates ini diduga sebagai respon atas kekecewaan dan reaksi rakyat AS terhadap perang Afghanistan yang sama sekali tak mempunyai kemajuan. Saat ini, Gates, mewakili militer AS sangat sensitif perihal jumlah tentara AS yang telah dikirim ke Afghan. Kepala militer Pentagon baru-baru ini mengeluarkan pernyataan ia keberatan jika terjadi lagi pengiriman pasukan AS ke Afghnistan yang saat ini sudah mencapai 58.000. Rencananya, presiden AS, Barack Obama, akan mengirimkan pasukan hingga 70.000. (sa/lqmh/ap)

Dunia Islam Terbaru