free hit counters
 

20 Truk Tanker NATO Kembali Diserang

Al Furqan – Senin, 24 Syawwal 1431 H / 4 Oktober 2010 09:35 WIB

Tiga orang tewas dan delapan terluka dalam serangan terhadap sebuah konvoi 20 tanker minyak NATO yang dalam perjalanan dari Pakistan untuk pasukan pimpinan Amerika di Afghanistan.

Serangan itu terjadi di dekat Islamabad pada dini hari Senin pagi (4/10) waktu setempat, koresponden Press TV di Pakistan melaporkan.

Sebagian besar pengumudi truk tewas dan terluka termasuk para pembantu mereka, AFP melaporkan.

Insiden Senin dini hari ini merupakan serangan ketiga para pejuang Taliban Pakistan terhadap truk tanker minyak NATO sejak Jumat lalu.



Polisi mengatakan truk tanker, berisi bahan bakar untuk pasukan pendudukan asing di negara tetangga Afghanistan, diserang dan dibakar tepat di luar ibukota Pakistan.

Salah satu rute utama melalui Pakistan yang digunakan oleh truk Afganistan telah ditutup beberapa hari sejak tiga tentara Pakistan tewas dalam serangan helikopter oleh aliansi militer yang dipimpin AS di daerah perbatasan.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Abdul Basit mengatakan hari Ahad kemarin bahwa Islamabad hanya akan kembali membuka rute suplai utama bagi pasukan koalisi di Afghanistan ketika kemarahan publik atas insiden penyerangan aliansi pimpinan Amerika itu mereda dan situasi keamanan membaik.

Pada hari Sabtu lalu, Taliban mengancam akan melancarkan serangan lebih lanjut terhadap truk tanker yang membawa BBM ke Afghanistan melalui rute Pakistan untuk membalas kematian yang disebabkan oleh serangan aliansi pimpinan Amerika.(fq/prtv)

Dunia Islam Terbaru