3 Hal Ini Sering Dilewatkan Saat Buka Puasa, Ada Waktu Mustajab Berdoa

Eramuslim.com – Waktu beduk Magrib adalah waktu yang paling dinanti saat puasa Ramadan. Waktu di mana umat muslim diperbolehkan kembali menyantap segala hidangan yang telah disiapkan.

Itu lah nikmat tiada terkira dari puasa Ramadan. Bahkan, dianjurkan bagi kita untuk tidak mengundur waktu berbuka puasa. Justru disunahkan untuk bersegera dalam berbuka.

Namun, di balik nikmatnya berbuka puasa, ada hal-hal penting yang harus kita ketahui saat berbuka puasa. Di antaranya, bahwa saat berbuka puasa itu, merupakan salah satu waktu paling berharga untuk berdoa.

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Doa orang tua kepada anaknya, (2) Orang yang berpuasa ketika berbuka, (3) Do’a orang yang sedang safar (musafir).” (HR. Al Baihaqi).

Nah, tahukah kamu makanan apa yang dianjurkan pertama untuk dimakan saat berbuka puasa?

Anas RA meriwayatkan bahwa Nabi SAW berbuka dengan memakan beberapa kurma sebelum menunaikan salat Magrib. Jika kurma tak ditemukan, maka beliau meminum air putih sebagai gantinya.