free hit counters
 

4 Wanita Teladan Terbaik Menurut Rasulullah

zahid – Kamis, 21 Muharram 1442 H / 10 September 2020 15:30 WIB

Eramuslim –
عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: حسبُك مِن نساء العالَمين أربعٌ: مريم بنت عمران، وآسية امرأة فرعون، وخديجة بنت خويلد، وفاطمة بنت محمد

Rasulullah SAW bersabda: ”Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat orang. Mereka adalah Maryam binti Imran, Asiyah binti Muzahim istri Firaun, Khadijah, dan Fatimah. (HR Ahmad).

Maryam binti Imran adalah ibunda Nabi Isa. Sebagian kepribadian beliau yang diungkap Allah dalam Alquran adalah, bahwa Maryam adalah wanita yang amat menjaga kehormatannya lagi taat beribadah kepada Allah.

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ



Dan (ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami, dan dia membenarkan kalimat Rabbnya dan Kitab-Kitab-Nya, dan dia adalah termasuk orang-orang yang taat.” (QS At-Tahrim [66]:12).

Adapun Asiyah, seorang wanita yang tak silau oleh gemerlapnya kekuasaan dan kekayaan sang suami, Firaun. Di tengah semua fasilitas yang menggiurkan tersebut, Asiyah justru berdoa:

رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga; dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari orang yang zalim.” (QS 66:11).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Dunia Islam Terbaru