free hit counters
 

Ramadhan Berbagi Ala Komunitas Muslim Inggris

zahid – Selasa, 7 Ramadhan 1434 H / 16 Juli 2013 11:30 WIB

UK Muslims Share Ramadan Iftar With HomelessLONDON – Sebuah kelompok relawan Muslim mengadakan iftar bersama bagi para tunawisma dan kelompok komunitas lain, saling berbagi dan untuk meluruskan stigma negatif serta kesalahpahaman non muslim tentang Islam.

“Kami ingin acara amal ini dapat meluruskan stigma negatif orang terhadap Islam,” ujar Umar Salha, alumnus University of London School tentang Studi Oriental dan Afrika (SOAS), pada BBC pada Kamis, 11 Juli lalu.

“Sebagai muslim London kami ingin melayani dan memberikan konstribusi lebih luas kepada masyarakat London dalam semangat Bulan Ramadhan,” tambahnya.

Tenda Ramadhan biasanya di dirikan di SOAS di Bloomsbury, pusat kota London, yang pertama kali diusulkan oleh Salha, seorang aktivis relawan Muslim.

Hari senin kemarin, para relawan membagikan makanan kepada para tunawisma di Inn Fields Lincoln, alun-alun besar di Holborn, pusat kota London.

Pengalaman ini mendorong Salha untuk membuat kampanye lebih terorganisir tahun pada ini selama Bulan Ramadhan, dengan dukungan dari para donatur individu dan berbagai restoran.

Baginya, acara amal ini penting untuk menghapus stigma negatif terhadap Islam dan warga muslim dan memberikan kontribusi positif kepada warga London.



“Beberapa warga dari St Mungo melihat iklan kami di tempat tinggal mereka dan datang,” kata Salha.

“Mereka enggan untuk mengatakan siapa mereka pada awalnya, tetapi kemudian mereka merasa senang masih ada orang peduli dengan mereka.”

Ramadhan, di Inggris jatuh pada Rabu 10 Juli lalu.

Diantara sebagian hikmah menjalankan ibadah puasa adalah mengajarkan kepada umat muslim arti kesabaran, kontrol diri dan peningkatan spiritualitas iman. (onislam/Zhd)

Dunia Islam Terbaru