90 Menit Pertemuan Tertutup Netanyahu-Obama

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu dan Presiden AS, Barack Obama melakukan pertemuan tertutup hari ini, Rabu (24/3, di sela-sela kunjungan Netanyahu ke Washington DC untuk menghadiri pertemuan tahunan AIPAC, organisasi lobi Yahudi terbesar di AS.

Pertemuan tertutup antara Netanyahu-Obama berlangsung di Gedung Putih di tengah "pertentangan" antara kedua pemimpin sekutu itu terkait rencana Israel membangun ribuan rumah baru untuk pemukiman Yahudi di Al-Quds (Yerusalem Timur).

Presiden Obama dan Menteri Luar Negerinya, Hillary Clinton mengecam rencana Israel tersebut meski tetap menegaskan dukungan AS terhadap rezim Zionis itu tetap solid dan tak tergoyahkan.

Belum ada penjelasan dari pihak Gedung Putih mengenai pertemuan tertutup yang berlangsung selama satu setengah jam itu dan apa hasilnya. Karena seperti pertemuan-pertemuan sebelumnya antara pejabat AS dan Israel di Gedung Putih, tidak ada keterangan pers atau kesempatan pengambilan foto bersama antara kedua pemimpin yang bertemu.

Kabar yang beredar di Israe, saat pertemuan berlangsung, keluar izin baru pembangunan pemukiman Yahudi kali ini untuk wilayah Syaikh Jarah. Namun pihak kantor perdana menteri Israel menolak memberikan komentar seputar informasi tersebut. (ln/prtv/Ynet)