Ahmadinejad: AS dan Zionis Dalang Kerusuhan di Iran

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyebut aksi demonstrasi anti-pemerintah pada peringatan Hari Ashura adalah sebuah "drama yang memuakkan" dan satu-satunya penonton yang puas melihat drama itu adalah Amerika dan kaum Zionis.

"Bangsa Iran sudah melihat banyak peristiwa serupa. Amerika dan kaum Zionis adalah satu-satunya penonton dari sebuah drama yang mereka buat sendiri," tukas Ahmadinejad seperti dikutip kantor berita Iran, IRNA.

Presiden Iran menuding AS dan kaum Zionis yang menjadi dalang aksi protes anti-pemerintah di kota Tehran bersamaan dengan peringatan hari Ashura hari Minggu kemarin. Polisi Iran menggunakan gas air mata untuk membubarkan para demonstran dan dilaporkan sejumlah orang tewas dalam aksi protes yang berakhir rusuh itu.

Kepala Deputi Kepolisian Iran, Ahmad Reza Radan menolak tudingan bahwa pasukannya menggunakan kekerasan dalam menangani para demonstran dan membantah terlibat dalam jatuhnya sejumlah korban tewas.

Negara-negara Barat yang selama ini memang anti-Iran langsung melontarkan kecaman atas aksi kekerasan yang terjadi di Iran. Meski negara-negara Barat yang mengecam itu juga negara-negara pelaku pelanggaran HAM di berbagai negara, terutama negeri-negeri Muslim.

Presiden Ahmadinejad balik mengecam reaksi negara-negara Barat itu dan mendesak Barat untuk memikirkan kembali sikap anti-Iran mereka. Ia menegaskan bahwa bangsa Iran tetap akan menunjukkan kekompakkannya untuk melawan intervensi Barat dalam urusan dalam negeri Iran. (ln/prtv)