Akhirnya AS Tuding Tentara Myanmar Biadab!

 Eramuslim.com – Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menuding tindakan militer Myanmar membakar tempat tinggal Muslim Rohingya di Rakhine sebagai aksi biadab. AS mendesak Dewan Keamanan PBB untuk segera mengambil tindakan tegas guna mengakhiri kebiadaban tersebut.

Berbicara di sidang Dewan Keamanan PBB, di New York, Rabu, 20 September 2017, Pence menuding militer Myanmar menangani serangan militan terhadap pos-pos pemerintahan “dengan kebiadaban yang mengerikan”. Mereka membakar desa-desa dan membuat warga Rohingya lari ketakutan.

Pence telah berulang kali menyuarakan desakan AS agar militer Myanmar segera mengakhiri kekerasan serta mendukung upaya diplomatik bagi penyelesaian jangka panjang.

“Saya dan Presiden Trump juga menyerukan kepada Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan keras dan cepat untuk mengakhiri krisis ini serta membawa harapan dan bantuan bagi rakyat Rohingya,” kata Pence.

Pernyataan itu sejauh ini merupakan yang paling keras disampaikan pemerintah AS dalam menanggapi kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar. Kekerasan mulai merebak bulan lalu dan telah memaksa 422.000 warga Muslim Rohingnya mengungsi ke Bangladesh, lari menyelamatkan diri dari kekerasan oleh militer. PBB menyebut keadaan di Rakhine itu sebagai pembersihan etnis.

Pence melihat kekerasan dan “eksodus bersejarah” Rohingya, termasuk puluhan ribu anak, sebagai “tragedi besar”.

Kekerasan muncul pada 25 Agustus ketika para pemberontak Rohingya menyerang sekitar 30 kantor polisi dan satu barak tentara. Insiden itu menewaskan sekitar 12 orang.