Lecehkan Obama, Jenderal McChrystal Menyatakan Siap Mengundurkan Diri

Kurang dari satu hari setelah kutipan kontroversial yang diterbitkan di majalah Rolling Stone, Jenderal Stanley McChrystal dilaporkan telah menawarkan pengunduran dirinya kepada Presiden Barack Obama.

Meskipun McChrystal mengeluarkan pernyataan permohonan permintaan maafnya, dan mengatakan itu semua kesalahan pribadi, Obama sempat menghardik komandan perang Afghanistan untuk "penghakiman miskinnya" tersebut dan mengatakan ia belum memutuskan apakah akan memecatnya.

Gedung Putih memanggil Jenderal Stanley McChrystal ke Washington untuk menjelaskan komentar ia dan stafnya yang meremehkan pemerintahan Obama.

Dua pejabat militer, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan kepada Associated Press bahwa McChrystal akan bersiap secara resmi untuk menyerahkan pengunduran dirinya.

Senator Byron Dorgan adalah anggota pertama dari pimpinan Senat Demokrat yang menyarankan McChrystal harus mengundurkan diri.

Ketika ditanyakan oleh CNN jika komentar McChrystal akan menyebabkan ia mundur, Dorgan menjawab bahwa McChrystal mengatakan dengan jawabab "ya".

Pernyataan dalam sebuah artikel majalah Rolling Stone setidaknya sebuah tantangan tidak langsung kepada manajemen sipil dari perang di Washington yang dilakukan oleh petinggi komandan militer.

Analis mengatakan perpecahan yang sebenarnya telah berlangsung panjang di antara militer AS dan pejabat administrasi saat ini sedang menjadi sorotan.(fq/prtv)