Akhirnya PBB Akui Pembunuhan Brutal terhadap Mantan Presiden Mesir Mohamed Morsi

Akhirnya, setelah kematian Morsi, seorang pakar PBB mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa rezim Mesir telah secara sewenang-wenang (secara brutal) membunuh Mohamed Morsi.

Kantor Komisi Tinggi Hak Asasi Manusia PBB, berdasarkan laporan para ahli, mengatakan pada Jumat (8/11) bahwa “Rezim penjara di Mesir mungkin secara langsung menyebabkan kematian mantan Presiden Mohammed Morsi, dan mungkin menempatkan kesehatan dan kehidupan ribuan orang. lebih banyak tahanan yang berisiko tinggi.”

Pernyataan itu mengutip para ahli yang mengatakan “Dr. Morsi ditahan dalam kondisi yang hanya bisa digambarkan sebagai brutal, terutama selama lima tahun penahanannya di kompleks penjara Tora.”

Para ahli menyimpulkan, bahwa kematiannya “setelah mengalami kondisi itu bisa berarti pembunuhan sewenang-wenang yang disetujui oleh negara (Mesir).”

Namun, itu adalah tanda positif bahwa AS dan para ahlinya menyadari kondisi mengerikan di penjara-penjara Mesir. Para ahli menyoroti bahwa ada ribuan tahanan yang hak-haknya terus dilanggar. Selain itu, banyak dari mereka menghadapi “risiko kematian yang tinggi.”

Para ahli juga menyatakan, bahwa kondisi di penjara sengaja mengerikan karena presiden saat ini, Abdel-Fattah el-Sissi, yang memimpin kudeta militer berdarah saat ia menjadi kepala tentara melawan Morsi pada 2013, menggunakan ketakutan penjara untuk “Diam pembangkang.”

Pernyataan itu diikuti dengan seruan pada rezim Mesir untuk memperbaiki kondisi di penjara. Permintaan ini jelas sia-sia.

Mengenai kondisi Morsi di penjara, para ahli mengatakan: “Dr. Morsi ditahan di sel isolasi selama 23 jam sehari. Dia tidak diizinkan menemui tahanan lain, bahkan selama satu jam sehari ketika dia diizinkan berolahraga. Dia dipaksa untuk tidur di lantai beton dengan hanya satu atau dua selimut untuk perlindungan. Dia tidak diizinkan mengakses buku, jurnal, bahan tulisan atau radio. Dr. Morsi ditolak perawatan yang menyelamatkan jiwa dan berkelanjutan untuk diabetes dan tekanan darah tinggi. Dia semakin kehilangan penglihatan di mata kirinya, dia bahkan beberapa kali mengalami koma dan pingsan. Dari sini, dia menderita kerusakan gigi dan infeksi gusi yang parah. “

Para ahli juga menganggap kondisi tidak manusiawi yang mana mantan penasihat urusan luar negeri Morsi, Essam El-Haddad, dan putranya Gehad El-Haddad, yang adalah kepala juru bicara Persaudaraan Muslim, juga ditahan.

“Kedua orang ini secara tidak langsung dibunuh oleh kondisi di mana mereka ditahan dan tidak diberikan perawatan medis. Tampaknya ini disengaja atau paling tidak mereka (pemerintah) mengabaikan kesehatan para tahanan dan tidak memperdulikan nasibnya,” kata para ahli. [ds]