AL Myanmar Tangkap Jurnalis Peliput Pengungsi Muslim Rohingya

1 atusan-biksu-budha-myanmar-menggelar-demontrasi-menolak-keberadaan-muslim-rohingya-_120903111809-946Eramuslim.com – Angkatan Laut Myanmar dikabarkan menahan wartawan yang mencoba mencapai sebuah pulau terpencil, Ahad (31/5) waktu setempat. Di lokasi itu terdapat lebih dari 700 pengungsi Muslim Rohingya yang diamankan setelah perahu mereka ditemukan hanyut di pesisir barat daya negara tersebut.

Saat itu beberapa wartawan mencoba ke Pulau Thameehla untuk melihat sendiri kondisi pengungsi. Namun mereka ditahan dan diinterogasi oleh pejabat angkatan laut selama sekitar dua jam sebelum dibebaskan. Beberapa wartawan dipaksa menyerahkan kartu memori kamera atau menandatangani pernyataan tidak akan mencoba melakukan perjalanan kembali ke pulau itu.

Kapal kayu tersebut merupakan salah satu dari setengah lusin lebih kapal yang berlayar ke pantai Asia Tenggara atau kapal yang berhasil diselamatkan pada bulan lalu. Kapal tersebut dikabarkan berisi pengungsi Muslim Rohingya yang melarikan diri dari penindasan yang dilakukan rezim Budha Ekstremis Myanmar.

Namun, pemerintah Myanmar membantah kelompok Muslim Rohingya berada di antara manusia perahu tersebut. Mereka mengklaim semua migran yang diamankan di pulau itu berasal dari Bangladesh. Sebanyak 727 orang berada dalam kapal kayu temuan Myanmar tersebut yang juga terdiri dari anak-anak kecil, bayi, dan para perempuan.

Seorang komandan AL yang menolak menyebutkan namanya mengatakan bila pihaknya telah menyelamatkan dan memberi pertolongan pada mereka. “Kami telah memberikan mereka makanan dan obat-obatan,” katanya. Para dokter juga telah merawat mereka. Ia mengatakan akan mengirim kembali mereka kapanpun mereka dalam kondisi aman.(rz)