Al-Shabaab Menembak Jatuh Pesawat Mata-Mata AS

Kelompok pejuang Somalia Al-Shabaab mengklaim menembak jatuh pesawat tempur tanpa awak AS di selatan Somalia, di wilayah pantai Kismayo, Senin, ujar juru bicara Al-Shabaab. Akhir bulan lalu, pasukan komando AS menyatakan berhasil membunuh seorang pejuang yang mempunyai hubungan dengan Al-Shabaab, yang bersembunyi di Kenya dengan menggunakan helikopter.

"Kami menembak pesawat mata-mata tanpa awak yang berada di atas wilayah udara Kismayo. Para pejuang berhasil menembaknya, pesawat itu terbakar dan jatuh ke laut", ucap Sheik Hassan Yacub, juru bicara Al-Shabaab. "Kami menjadi sedang mencarai bangkai pesawat itu", tambahnya kepada Reuters. Kelompok oposisi bersenjata Al-Shabaab mengontrol wilayah yang luas di Somalia.

Para pejuang Al-Shabaab meningkatkan serangan kepada missi AS yang sekarang ingin mendukung pemerintah Somalia yang dihasilkan dari pemilu dan mendapatkan dukungan dari PBB. Para penduduk melihat langsung bagaimana pesawat mata-mata itu jatuh. Pesawat mata-mata itu diluncurkan dari kapal perang AS, yang berada di lautan Hindia.

Militer AS terus meningkatkan kekuatannya untuk mendukung pemerintah Somalia yang baru, mereka berusaha menekan kekuatan pejuang yang menginginkan menegakkan syariah Islam. Dukungan militer AS kepada pemerintahan yang ada ini adalah hasil pertemuan antara Menlu AS, Hallary Clinton dengan Presiden Somalia. (m/wb)