Al-Zaidi Minta Suaka Politik ke Swiss

Apa kabarnya Muntazer al-Zaidi, wartawan Irak yang melempar Presiden AS George W. Bush dengan sepatu? al-Zaidi kabarnya sedang mengupayakan suaka politik ke negara Swiss.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pengacara di Jenewa, Mauro Poggia yang dilansir surat kabar La Tribune. "Awal bulan ini, keluarganya mengontak kami lewat Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan pekan ini saya akan menulis surat pada kementerian federal urusan luar negeri agar Swiss memberikan suaka politik buat Zaidi," ujar Poggia.

Menurut Poggia, Swiss semestinya bisa memberikan suaka pada Zaidi tanpa harus bersikap berpihak atau menentang intervensi AS di Irak. Nama Zaidi, wartawan stasiun televisi Al-Baghdadia yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-30 ini, menjadi pemberitaan dunia karena keberaniannya melempar sepatu pada Bush saat presiden AS itu memberikan keterangan pers di Baghdad, Irak.

Akibat tindakannya, Zaidi dihadapkan ke meja hijau paa tanggal 31 Desember 2008 dengan tuduhan melakukan "agresi terhadap kepala negara asing yang sedang dalam kunjungan kenegaraan" di Irak dan jika tuduhan itu terbukti Zaidi terancam hukuman 15 tahun penjara. Namun Pengadilan Sentral Kriminal Irak menunda pengadilan dan masih belum memutuskan pernyataan banding ke tingkat pengadilan yang lebih tinggi.

Poggia mengatakan, meski banyak orang menganggap Zaidi sebagai pahlawan, Zaidi tidak bisa bekerja lagi sebagai jurnalis tanpa adanya tekanan yang berat. "Hidunya di Irak jadi seperti neraka," kata Poggia.

Ia mengatakan, begitu permintaan suaka Zaidi dikabulkan, Zaidi bisa menetap di Swiss dan bisa bekerja sebagai wartawan di kantor perwakilan PBB. (ln/aby)