Alquran dan Sains, Meteor Mengejar Setan yang Menguping

Eramuslim – TIADA satu pun yang luput dari kajian dalam Alquran. Semua sendi kehidupan dibahas di dalamnya, bahkan sampai meteor yang jatuh ke bumi, ilmu-ilmu pengetahuan modern, ilmu gaib hingga setan terangkum dalam kitab suci ini.

Dikutip dari Buku Pintar Sains dalam Al-Quran (Hal. 395-397), karya Dr Nadiah Thayyarah terbitan Dar al-Yamama, Abu Dhabi, disebutkan bahwa Allah sudah berfirman tentang meteor yang bersinar tajam. Meteor tersebut mengejar setan yang menguping.

إِلَّا مَنْ خَطِفَ الْخَطْفَةَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ ثَاقِبٌ

Kecuali (setan) yang mencuri (pembicaraan) maka ia dikejar oleh meteor yang bersinar tajam” (Ash-Shaffat: 10)

وَأَنَّا لَمَسْنَا السَّمَاءَ فَوَجَدْنَاهَا مُلِئَتْ حَرَسًا شَدِيدًا وَشُهُبًا

Dan sesungguhnya kami telah mencoba mengetahui (rahasia) langit, maka kami mendapatinya penuh dengan penjagaan yang kuat dan panah-panah api,” (Al Jin: 8).

                                                     وَأَنَّا كُنَّا نَقْعُدُ مِنْهَا مَقَاعِدَ لِلسَّمْعِ ۖ فَمَنْ يَسْتَمِعِ الْآنَ يَجِدْ لَهُ شِهَابًا رَصَدًا

Dan sesungguhnya kami dahulu dapat menduduki beberapa tempat di langit itu untuk mendengar-dengarkan (berita-beritanya). Tetapi sekarang barangsiapa yang (mencoba) mendengar-dengarkan (seperti itu) tentu akan menjumpai panah api yang mengintai (untuk membakarnya)”. (Al- Jin: 9)

إِلَّا مَنِ اسْتَرَقَ السَّمْعَ فَأَتْبَعَهُ شِهَابٌ مُبِينٌ

Kecuali setan yang mencuri-curi (berita) yang dapat didengar (dari malaikat) lalu dia dikejar oleh semburan api yang terang”. (Al-Hijr: 18)