Angelina Jolie : Pemimpin Dunia Segera Selesaikan Konflik Di Suriah !

jolieAktris Hollywood dan utusan khusus badan pengungsi PBB, Angelina Jolie, Kamis mendesak para pemimpin dunia untuk menemukan sebuah resolusi untuk penyelesaian konflik Suriah selama kunjungannya ke kamp pengungsi Zaatari di Yordania.

Kamp Zaatari, 80 kilometer utara timur ibukota Amman, adalah tempat bagi lebih dari 160.000 pengungsi Suriah yang melarikan diri konflik di negara mereka.

Jolie didampingi oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Antonio Guterres, melakukan tur kamp pengungsian , ​​di mana mereka bertemu pengungsi dan mendengarkan cerita-cerita dari orang-orang yang melarikan diri dari Suriah.

Kunjungan Jolie bertepatan dengan Hari pengungsi Dunia pada 20 Juni, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang situasi pengungsi di seluruh dunia.

Berbicara pada konferensi pers di kamp, ​​Jolie menceritakan kesulitan yang dihadapi oleh para pengungsi Suriah.

1,6 juta orang telah berhamburan keluar dari Suriah dengan tidak membawa apa-apa kecuali pakaian yang menutupi mereka, dan lebih dari setengah dari mereka adalah anak-anak, mereka telah meninggalkan suatu negara, di mana jutan orang mengungsi, menderita kelapaaran dan kekurangan, dan ketakutan.

Banyak perempuan dan anak-anak telah mengalami pemerkosaan dan kekerasan seksual, seluruh generasi anak-anak putus sekolah, dan setidaknya 90.000 orang telah tewas, “kata Jolie kepada wartawan.

Dia juga mengimbau kepada para pemimpin dunia untuk mencari solusi yang cepat dan damai untuk konflik.

“Saya berdoa agar semua pihak dalam konflik Suriah akan berhenti menargetkan warga sipil, dan memungkinkan  membuka akses ke bantuan kemanusiaan. Saya menghimbau para pemimpin dunia untuk mengesampingkan perbedaan-perbedaan Anda, bersatu untuk mengakhiri kekerasan, membuat diplomasi berhasil. Dewan Keamanan PBB harus memenuhi tanggung jawabnya, “kata Jolie.

“Setiap 14 detik, seseorang melintasi perbatasan Suriah dan menjadi pengungsi, dan pada akhir tahun ini, akan mencapai setengah dari populasi Suriah, 10 juta orang, akan membutuhkan makanan, tempat tinggal dan bantuan, sehingga kehidupan jutaan orang berada di tangan Anda, dan Anda harus menemukan solusi  bersama, “tambahnya. (Arby/KH)