Anggota Parlemen Swiss Serukan Pengusiran Diplomat AS

Kedubes AS di Bern, SwissAnggota parlemen Swiss yang marah telah menyerukan pengusiran terhadap para diplomat AS yang terlibat dalam program pengawasan ilegal di Swiss.

Seruan ini datang sehari setelah Menteri Kehakiman Swiss mengatakan sedang menyelidiki adanya laporan bahwa kedutaan AS di Jenewa telah melakukan pengawasan ilegal di wilayah Swiss, menurut Associated Press.

"Jika kecurigaan itu ternyata benar, maka Dewan Federal akan mengirim sebuah sinyal," anggota parlemen dari partai Hijau, Josef Lang mengatakan kepada surat kabar Zurich Tages-Anzeiger.

"Sudah seharusnya kami mengusir agen-agen AS dari negara ini dan memanggil duta besar."

Laporan mengatakan bahwa diplomat Amerika Serikat telah memantau tindakan beberapa warga – termasuk diduga mengambil gambar demonstrasi di jalanan dan orang-orang yang dianggap menimbulkan risiko keamanan, sehingga memicu gelombang sentimen anti-Amerika.

Pada tahun 2007, AS meminta Jenewa untuk memungkinkan mereka untuk melakukan pengawasan terhadap bangunan di wilayah Swiss untuk alasan keamanan.

Swiss menolak permintaan pada waktu "karena kurangnya dasar hukum dan kesepakatan bilateral pada domain ini," kata Departemen Kehakiman dalam sebuah pernyataan.

Hal itu diungkapkan akhir tahun lalu bahwa kedutaan AS di Norwegia dan Denmark telah melakukan program serupa.(fq/prtv)