Antisipasi Tindakan 'Teroris' Belasan Orang di Tangkap di Inggris

Dua belas orang ditangkap di Inggris pada hari Senin ini (20/12) karena dicurigai merencanakan tindakan terorisme, kata polisi menyusul terjadinya penggerebekan pada subuh hari di seluruh negeri.

"Para pria, berusia antara 17 dan 28 tahun, ditahan karena dicurigai melakukan persiapan atau hasutan dari suatu tindak terorisme di Inggris," kata polisi West Midlands, yang melayani kota kedua Birmingham.

"Ini adalah operasi besar, pra-rencana dan intelijen yang melibatkan beberapa pasukan," kata Asisten Komisaris John Yates, petugas kepolisian yang bertanggung jawab atas kontraterorisme.

"Operasi ini masih berada pada tahap awal sehingga kami tidak dapat masuk ke detail saat ini tentang pelanggaran yang dicurigai. Namun, saya percaya hal itu perlu pada saat ini untuk mengambil tindakan preventif untuk memastikan keselamatan publik."

Empat orang yang ditangkap berasal dari Cardiff, empat dari Stoke-on-Trent, sebelah utara Birmingham, dan tiga dari London.

Mereka semua ditangkap oleh petugas tidak bersenjata di atau dekat rumah mereka pada pukul 5 pagi, selain dari satu tersangka dari Stoke yang ditangkap di sebuah rumah di Birmingham.

Mereka ditahan di kantor polisi di pusat kota London, barat laut Inggris dan West Midlands.

Polisi mengatakan pencarian sedang dilakukan di rumah mereka, beralamat di Birmingham dan satu lagi tinggal di London.(fq/afp)