Anwar Al-Awlaqi: Washington akan Jadikan Yaman Afghanistan Selanjutnya

Ulama Yaman kelahiran Amerika Syaikh Anwar al-Awlaqi menggambarkan masa depan yang suram bagi Presiden Amerika Serikat Barack Obama atas upanya mendirikan sebuah pijakan militer di Yaman.

"Jika George W. Bush dikenang sebagai presiden Amerika yang ‘terjebak’ di Afghanistan dan Irak, tampaknya Obama ingin dikenang sebagai presiden Amerika yang terjebak di Yaman," katanya dalam pesan audio yang muncul pada hari Senin kemarin (19/7), Associated Press melaporkan.

Tuduhan Amerika tentang adanya keberadaan pejuang al-Qaidah di Yaman melemparkan negara kaya minyak itu ke dalam sorotan internasional menyusul adanya serangan bom yang gagal dalam penerbangan AS pada Hari Natal tahun lalu.

Washington menyalahkan serangan yang dilakukan oleh seorang anak muda Nigeria yang diklaim telah menerima pelatihan dari unsur-unsur al-Qaidah di Yaman.

Mengutip adanya dugaan kehadiran Al-Qaidah di Yaman, angkatan udara AS dilaporkan telah melakukan beberapa serangan di wilayah Yaman, menyebabkan puluhan warga sipil tewas.

Amnesty International mengatakan bulan lalu bahwa AS menggunakan bom cluster pada rudal jelajah mereka, menewaskan 55 orang, kebanyakan warga sipil di daerah al-Maajala di provinsi Abyan Yaman selatan.

Washington, menuduh al-Awlaki memiliki hubungan dengan orang-orang di belakang penyerang Hari Natal dan Central Intelligence Agency (CIA) secara resmi telah menargetkan Awlaqi dalam daftar orang yang ‘wajib’ dibunuh.

Syaikh Anwar Al-Awlaqi lahir di New Mexico dan menghabiskan tahun sebagai seorang imam di Virginia, sebelum pindah ke Yaman, di mana dikatakan dia saat ini tinggal. (fq/prtv)