free hit counters
 

Apa Artinya $ 400 Juta Itu Untuk Palestina, Amerika?

Saad Saefullah – Kamis, 26 Jumadil Akhir 1431 H / 10 Juni 2010 12:12 WIB

Amerika Serikat dikabarkan akan menyumbang $ 400 juta untuk bantuan pembangunan ke wilayah Palestina, demikian laporan dari CNN kemarin. Selain itu, AS juga akan dan bekerja sama dengan Israel untuk meloloskan embargo atas Gaza, begitu pula yang dikatakan Presiden AS, Barack Obama.

Pengumuman dari Obama ini keluar setelah pembicaraan di Gedung Putih dengan Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas. Uang itu akan digunakan untuk membangun perumahan, sekolah, air dan sistem perawatan kesehatan yang baik di Tepi Barat Otoritas Palestina yang dikuasai dan Gaza, yang diperintah oleh gerakan Palestina Hamas Islam.

Obama menyebut situasi di Gaza "tidak terperikan (tidak tertahankan lagi)," dan mengatakan Amerika Serikat akan bekerja sama dengan sekutu Eropa, Mesir dan Israel untuk menemukan kerangka dan "konsep baru" untuk blokade Israel di Gaza.

"Kami setuju Israel memiliki hak untuk mencegah senjata yang datang ke Gaza," kata Obama. Namun dia mengatakan "mekanisme baru" yang diperlukan untuk memungkinkan lebih banyak barang untuk mencapai wilayah itu, dan ia mengulangi bahwa solusi jangka panjang adalah kesepakatan permanen dalam menciptakan "negara Palestina yang bahu-membahu dengan Israel yang aman."

Mungkin ada yang terlewat, tetapi yang lebih dibutuhkan Palestina adalah tanah airnya yang terjajah. Dana bantuan $ 400 juta itu akan berarti lebih banyak untuk Palestina jika Palestina merdeka. (sa/cnn)

Dunia Islam Terbaru