Peralatan Militer AS di Irak Akan di "Hibahkan" untuk Israel

Menurut laporan dari sumber-sumber media Israel, Amerika Serikat berencana akan untuk memberikan Israel beberapa peralatan militer, berupa amunisi dan berbagai senjata setelah penarikan pasukan militernya dari Irak.

Menurut surat kabar "Yerusalem Post", pejabat di Kementerian pertahanan Israel mengatakan: "Sebuah tim militer AS telah mengunjungi Israel dan mereka mempertimbangkan kemungkinan akan "menyimpan" dan "menghibahkan" beberapa peralatan militer dan amunisi di pusat-pusat penyimpanan di berbagai lokasi yang ada di Israel."

Para pejabat Amerika dalam kunjungannya ke Israel berbicara tentang berbagai rencana termasuk rencana meninggalkan sejumlah besar peralatan tempur yang mereka pakai di Irak untuk membantu pasukan keamanan lokal dan mentransfer peralatan miiter tambahan ke Afghanistan, serta beberapa negara Arab termasuk Yordania dan Mesir.

Surat kabar "Jerusalem Post" menunjukkan bahwa ada kesepakatan keamanan antara Irak dan Amerika Serikat yang akan menyerukan penarikan semua pasukan AS pada akhir 2011.

Persenjataan Amerika akan disimpan di Israel

Seorang pejabat Israel mengatakan: "Di antara peralatan militer yang mungkin diterima Israel diantaranya adalah amunisi, kendaraan tempur, dan senjata yang dirancang untuk mencegat roket dan mortir."

Dia menambahkan bahwa secara resmi peralatan ini akan disimpan di Israel, yang akan digunakan jika terjadi keadaan darurat seperti yang terjadi selama Perang Lebanon II, ketika tentara Israel menggunakan bom pintar yang telah disimpan.

Perlu dicatat bahwa Amerika Serikat saat ini selalu memaintains senjata dan peralatan militer mereka, termasuk rudal, kendaraan lapis baja dan kendaraan artileri sejak tahun 1990. (fq/imo)