AS Akan Tutup Semua Media Pro-Afghanistan

Koran harian AS, the Wall Street Journal, mengutip Pentagon, menurunkan berita awal pekan ini bahwa situs internet dan stasiun radio yang menurut Pentagon mendukung perjuangan Taliban akan ditutup.

Pentagon beralasan bahwa internet dan sumber-sumber media bukan saja tak memiliki izin resmi namun juga mendorong orang untuk mendukung Taliban dan jadi memusuhi AS dan sekutunya, selain pula melemahkan pemerintahan Kabul.

Selama lima tahun belakangan ini AS terus melakukan usaha-usaha mematikan media-media yang memang mereka incar untuk segera ditutup tersebut. Bukan hal baru lagi jika AS menghanguskan media-media yang pro-Taliban. AS benar-benar ketakutan, hingga sampai-sampai harus menutup radio di Afghanistan yang hanya punya radius siaran sekitar 20 km saja.

Padahal AS sendiri mempunyai ratusan media di Afghanistan yang terdiri dari berbagai macam, mulai koran, majalah, buletin, radio, televisi, dan situs internet yang isinya tentu saja propaganda kebencian terhadap Taliban. Media-media AS ini juga dipergunakan untuk menyembunyikan korban-korban yang telah berjatuhan dalam jumlah besar atau juga kerugian yang diderita oleh mereka karena serangan Taliban. (sa/qmh)