AS Pergi Dari Afghanistan, Ratusan Kendaraan Militer dan Senjatanya Jadi Milik Thaliban

Mendampingi laporan itu adalah banyak rekaman yang diposting ke media sosial tentang pasukan keamanan Afghanistan yang menyerahkan senjata dan peralatan kepada kelompok itu secara massal.

Militan Taliban bahkan ditampilkan mengambil alih komando kendaraan yang ditangkap di beberapa video seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (4/7/2021).

AS telah menghabiskan waktu bertahun-tahun dan miliaran dolar untuk mempersenjatai Tentara Nasional Afghanistan dan Angkatan Polisi, mengirimkan lebih dari 25.000 Humvee ke negara itu, dan menyediakan ribuan kendaraan serta peralatan militer lainnya kepada pemerintah.

Forbes memperingatkan bahwa Taliban dapat menggunakan kendaraan yang direbut untuk menciptakan kekuatan tempur mobile yang besar jika mampu menyediakan bahan bakar untuk menggerakkan mereka.

Perjanjian damai Februari 2020 antara AS dan Taliban tidak termasuk pemerintah Afghanistan, dan gencatan senjata singkat antara Kabul dan milisi fundamentalis itu dengan cepat dipatahkan. Ini memicu kekerasan yang meluas, termasuk pengeboman bunuh diri, serangan Taliban di hampir semua provinsi negara, dan penembak jitu serta serangan tabrak lari di pos-pos tentara dan polisi Afghanistan. Pada 22 Juni, Taliban merebut perbatasan utama Afghanistan dengan Tajikistan.

Pada hari Jumat, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyatakan keprihatinan atas situasi di Afghanistan, memperingatkan konsentrasi yang jelas dari teroris ISIS di Afghanistan utara, dan membenarkan bahwa Moskow sedang mendiskusikan situasi dengan sekutu Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektifnya.

Komitmen untuk memerangi ISIS adalah salah satu syarat dari kesepakatan damai AS-Taliban.

Tidak hanya Rusia, China juga telah mengungkapkan kecemasannya sendiri atas situasi di Afghanistan, dengan kedua negara berbagi perbatasan sepanjang 76 km. Pada bulan Mei, Menteri Luar Negeri China Wang Yi memperingatkan bahwa penarikan tergesa-gesa AS dari negara yang dilanda perang telah memberikan pukulan serius bagi proses perdamaian dan berpengaruh negatif bagi stabilitas regional.

Dalam pengumuman penarikan pasukannya pada bulan April, Biden meminta Rusia, China, Pakistan, India, dan Turki untuk meningkatkan dan berbuat lebih banyak untuk mendukung Afghanistan.

Kemerosotan situasi keamanan yang cepat telah mendorong beberapa pengamat untuk mengungkapkan kekhawatiran bahwa AS mungkin telah berusaha untuk mengarahkan Rusia, China, republik-republik pasca-Soviet Asia Tengah dan lainnya ke dalam posisi untuk mencoba menyeret mereka ke konflik Afghanistan yang telah berusia puluhan tahun.[sindonews]