Barat Menuduh Al Qaeda Yaman Dibalik Serangan “Charlie Hebdo”

charlie hebdoPara pria bersenjata bertutup kepala  yang menewaskan sedikitnya 12 orang dalam serangan terhadap sebuah kantor majalah  Perancis tampaknya telah “terlatih secara profesional” – mungkin mereka jebolan di kamp-kamp di Timur Tengah, tuduhan ahli terorisme Perancis mengatakan.

Tiga tersangka yang diduga  menyerbu  kantor redaksi Charlie Hebdo (Charlie Weekly)  pada hari Rabu kemarin , menewaskan 10 staf kantor majalah tersebut – termasuk editor dan tiga kartunis – dan dua polisi.

Para penyerang terlihat  terorganisir dan “disiapkan” dalam melaksanakan serangan , para ahli terorisme mengatakan.

“Mereka jelas dilatih dalam penggunaan senjata api” kata Matthew Henman, seorang analis senior di Terorisme &  pemberontakan IHS Jane.

Henman mengatakan terlalu dini untuk mengatakan di mana para penyerang itu  dilatih – dengan pengalaman pertempuran langsung, kamp-kamp pelatihan Timur Tengah atau di Perancis,  semuanya sangat mungkin.

Alisa Lockwood, Kepala Analisis Eropa IHS Country Risk, sepakat bahwa banyak aspek dari serangan Rabu menunjukkan bahwa orang-orang bersenjata itu “terlatih secara profesional.”

“Para penembak melakukan operasi begitu cepat – dalam waktu sekitar 10 menit menurut laporan – tampaknya ditujukan individu-individu tertentu … telah menyiapkan mobil ; dan bersenjata, “katanya.

“[Itu] adalah bukti tingkat koordinasi dan organisasi sebelumnya tidak terlihat dalam serangan baru-baru di Perancis.”

Lockwood menunjuk tiga serangan kekerasan di Perancis selama Desember, termasuk satu di mana seorang mualaf menikam tiga petugas polisi di Joue-les-Tours. Kasus serangan  Charlie Hebdo  sangat berbeda dengan kasus lainnya, katanya.

“Tentu saja ini jauh lebih canggih daripada serentetan serangan sebelumnya  pada bulan Desember, yang sangat amatir,” katanya.

Banyak media telah menghubungkan serangan Rabu dengan publikasi majalah Charlie Hebdo dengan beberapa kartun Nabi Muhammad,  yang banyak membuat Muslim marah.

Pada November 2011, kantor majalah itu  diancam pemboman setelah menerbitkan edisi  “Charia Hebdo,” yang menampilkan kartun Nabi Muhammad di sampul majalah dengan mengancam pembacanya “seratus cambukan jika Anda tidak mati tertawa.”

Henman mengatakan fakta bahwa beberapa kartunis Charlie Hebdo itu tampaknya telah secara khusus ditargetkan dalam serangan minggu ini “dan sangat menunjukkan serangan itu  termotivasi berkaitan dengan kartun penghinaan.”

Peter Lehr, dosen di Pusat Studi Terorisme dan Kekerasan Politik di Skotlandia berbasis University of St Andrews, mengatakan serangan di majalah itu tidak datang sebagai kejadian tiba tiba.

“Itu sudah ditargetkan karena kartun penghinaan Nabi Muhammad,” katanya.

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan di Paris itu . Namun menurut seorang saksi mata, salah satu penyerang dilaporkan berteriak “Katakan media bahwa kami ini  adalah Al Qaeda dari  Yaman” – mengacu pada kelompok yang lebih dikenal sebagai AQAP.

Henman mengatakan hal itu mungkin saja bahwa kelompok ini berada di balik serangan itu, tetapi ia memperingatkan bahwa klaim saksi belum bisa dibuktikan.

“Jika satu kelompok di balik ini, saya harapkan klaim tanggung jawab akan muncul dalam 24 jam ke depan,” katanya.

“Ini semacam insiden lebih mungkin  tindakan Al Qaeda , dan bukan ISIS,” tambahnya, menunjuk ke strategi yang berbeda yang digunakan oleh  Negara Islam di Irak dan Suriah.

Lehr mengatakan Al Qaeda di Semenanjung Arab “lebih mampu” mengatur serangan seperti itu. (Arby/Dz)