Batu Nisan Awal Sejarah Islam Ditemukan di Makkah

Eramuslim – Batu nisan yang menandakan awal sejarah Islam ditemukan di dekat makam bersejarah Al Moalla di Makkah, Arab Saudi. Ini merupakan penemuan penting. Penemuan batu nisan tersebut dikemukanan oleh Komisi Saudi untuk Pariwisata dan Warisan Nasional (SCTH).

Dikutip dari Saudi Gazette, Direktur Jenderal Registrasi dan Pelestarian Benda Purbakala di Sektor Warisan Nasional SCTH Naif Al-Qanur mengatakan, artefak ini ditemukan selama pekerjaan penggalian yang dilakukan oleh perusahaan kontraktor untuk pembangunan tempat parkir. Lokasi pasti penemuan batu nisan ini terletak di utara Masjidil Haram.

“Batu nisan yang menampilkan prasasti dalam bentuk kaligrafi Islam serta sebagian kecil dari tembikar semuanya berasal dari periode awal Islam. Potongan-potongan artefak ini diserahkan kepada SCTH sehingga barang antik ini dapat diperiksa dan dipelajari secara mendalam,” katanya.

Al-Qanur mengatakan, tim khusus dari SCTH akan menindaklanjuti pekerjaan penggalian yang sedang berlangsung di lokasi penemuan artefak ini setiap hari untuk mengantisipasi penemuan benda bersejarah Islam lainnya.

Lebih lanjut, tindakan ini sudah dalam koordinasi langsung dengan Wali Kota Mekkah dan perusahaan kontraktor. Ini menurut keterangan Saudi Press Agency.

Di sisi lain, Wali kota telah mengumumkan melalui situs resminya pada Sabtu (28/12/19) tentang penemuan batu nisan ini selama pekerjaan pengeboran untuk proyek parkir mobil baru. Lokasinya bersebelahan dengan makam bersejarah.

Ia juga menekankan sudah ada koordinasi dengan SCTH Makkah dan perusahaan kontraktor untuk pengawasan fase selanjutnya dari pekerjaan penggalian. Mereka berharap menemukan artefak-artefak lainnya. []