Bela Turki Hadapi Trump, Qatar Investasi Langsung Senilai 15 Miliar Dollar

Eramuslim.com – Emir Qatar hari Rabu, 15 Agustus 2018 terbang ke Turki untuk bertemu dengan sekutu dekatnya, Presiden Recep Tayyip Erdoğan guna memberikan dukungan nyata pada sekutu dekatnya dalam bergulat dengan krisis mata uang, yang disebut Erdogan ‘tikaman dari belakang (Amerika)’, tulis Hurriyet Daily News.

Guna membantu Turki, Qatar akan melakukan investasi langsung senilai $15 miliar di Turki, pemimpin Qatar mengatakan dalam kunjungannya ke Ankara pada Rabu, kata jubir kepresidenan Turki.

“Qatar telah menjanjikan investasi langsung bernilai $15 miliar di Turki,” ciut Ibrahim Kalin setelah Presiden Recep Tayyip Erdogan bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, di Ibu Kota Ankara, tulis Anadolu.

“Hubungan Turki-Qatar didasarkan pada fondasi solid dari persahabatan dan solidaritas,” tambah Kalin.

Menurut kantor media kepresidenan Turki, Erdogan dan al-Thani juga saling berbagi pandangan terkait hubungan bilateral dan perkembangan regional dalam pertemuan tiga jam mereka.

Dalam sebuah wawancara pada Rabu dengan Anadolu Agency, duta besar Qatar untuk Turki Salem bin Mubarak Al-Shafi mengatakan: “Pemerintah Qatar selalu proaktif mendukung saudara Turkinya.”

Kunjungan Al-Thani, kata diplomat itu, “akan berfungsi sebagai penegasan hubungan dekat antara rakyat Qatar dan Turki dan posisi bersama mereka berhadap-hadapan dengan banyak tantangan yang mereka hadapi.”

Dia menambahkan: “Hubungan kuat kami dengan Republik Turki memiliki status istimewa diantara rakyat kami.”