free hit counters
 

Benarkah Erdogan Mengangkat Keranda Muazin Masjid Istanbul?

Redaksi – Senin, 3 Jumadil Akhir 1442 H / 18 Januari 2021 16:14 WIB

Eramuslim.com – Sebuah foto yang menampilkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan viral di media sosial Facebook karena tampak mengangkat keranda bersama sejumlah orang.

Akun pengunggah foto itu mengklaim foto tersebut sebagai peristiwa Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah seorang muazin masjid Istanbul.

Foto ini sempat beredar luas pada awal Desember 2020 lalu. Namun, beberapa hari ini foto Erdogan mengangkat keranda jenazah ini pun kembali beredar viral.

Berikut narasi terkait foto Erdogan itu:

“Mashaa’ALLAH

Pemimpin Islam & Terbaik di seluruh Bumi

Pemimpin Yang BerJiwa Pelayan Rakyat Presiden Recip Tayyip Erdogan. Beliau Turut Mengusung Keranda Jenazah Muaddzin Masjid Istanbul . Di Sebelahnya , Berbaju Kuning Ialah Pekerja Pembersih Di Masjid itu.

ALLAH HUAKBAR, Di Akhir Zaman ini msh Engkau Hadirkan Manusia Pemimpin Terbaik yg bisa kami ambil contoh darinya. Smoga di Negeri Antah Berantah masih ada Manusia seperti nya.

Semoga ALLAH Merahmati Beliau. Aamiiiin

Ya ALLAH Kurniakanlah Kami Pemimpin Seperti Beliau”

Namun, apakah benar Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul seperti tampak dalam foto itu?



Penjelasan: Mengutip situs turnbackhoax.id, klaim Erdogan sedang mengangkat keranda jenazah muazin masjid Istanbul merupakan informasi salah.

Faktanya, Presiden Erdogan, sebagaimana tampak dalam foto itu, menandu keranda jenazah Zümriye lgen, ibu dari saudara ipar Erdogan, pada September 2016.

Foto serupa dengan unggahan akun tersebut telah dimuat di situs tccb.gov.tr berjudul “President Erdoan Attends Zümriye lgen’s Funeral” dan dipublikasikan pada 16 September 2016.

(rol)

Dunia Islam Terbaru