Bentrokan Islam-Kristen di Nigeria Menewaskan 200 Orang

Menurut saksi mati, lebih dari dua ratus orang tewas dalam bentrokan yang terjadi pada hari Ahad kemarin (7/8) antara penduduk muslim dan Kristen dekat kota Jos, di pusat Nigeria.

Kantor berita "Associated Press" mengutip pernyataan para saksi yang mengatakan: "Korban yang tewas akibat bentrokan itu lebih dari dua ratus orang, kebanyakan perempuan dan anak-anak."

Penduduk dari desa Doug Nahawa sebelah selatan kota Jos mengatakan: "Penduduk etnis Kristen yang tinggal di sekitar perbukitan mulai menyerang di pagi buta dan melakukan tembakan ke udara sebelum akhirnya mereka berduyun-duyun keluar dari rumah dengan membawa senjata tajam."

Saksi mata yang sempat mengunjungi desa tersebut menyatakan bahwa ada hampir seratus mayat ditumpuk di tempat terbuka. Direktur rumah sakit Plateau kepada wartawan di Jos mengatakan bahwa 18 mayat yang dibawa dari desa sebagai besar tewas terpanggang. Mayat-mayat tersebut telah kami pindahkan ke rumah sakit lain."

Bentrokan berdarah di kota Jos telah terjadi sejak dua bulan yang lalu, yang menyebabkan korban ratusan orang tewas, yang sebagian besar umat Islam. Aparat keamanan sempat memberlakukan jam malam dan penjagaan ketat oleh militer.

Bentrokan sektarian telah berlangsung selama empat hari pada bulan Januari lalu antara massa Kristen yang menggunakan senapan, pisau dan parang dengan umat Islam, yang menewaskan ratusan orang di Jos, ibukota "Plateau", yang terletak di persimpangan antara Muslim Nigeria utara dan selatan, yang didominasi oleh penduduk Kristen. (fq/islamtoday)