Berjalan Kaki Ratusan Kilometer, Pemuda Ethiopia Dakwahkan Agama Islam

Puluhan anak muda di Ethiopia selama bulan suci Ramadhan kali ini melakukan kegiatan positif dengan mengajarkan masyarakat tentang kebenaran Islam.

Para anak muda ini melakukan perjalanan kaki selama ratusan kilometer dan memberikan pendidikan agama Islam di masjid-masjid yang mereka singgahi, koresponden AA melaporkan Kamis kemarin (11/8).

Kristen dan Muslim hidup tanpa masalah di Ethiopia, salah satu negara yang paling padat di Afrika dengan jumlah penduduk sekitar 80 juta jiwa.

Meskipun menurut tingkat pendaftaran formal Muslim di Ethiopia hanya berkisar 35 persen, namun dinyatakan bahwa jumlahnya meningkat baru-baru ini dan mencapai lebih dari 50 persen. Dengan banyaknya jumlah muslim Ethiopia sejumlah anak muda di sana berusaha mengabdikan diri mereka untuk sebuah misi suci, menampilkan contoh pengorbanan diri dalam upaya mendakwahkan tentang Islam.

Para anak muda, yang menyebut diri mereka sebagai “itinerants” mengintensifkan upaya dakwah mereka terutama di bulan Ramadhan. Mereka melakukan shalat dengan warga di desa-desa yang mereka kunjungi dan memberikan pendidikan agama kepada kalangan pemuda setempat.

Para “itinerants” ini juga bertemu warga non-Muslim dan menjelaskan Islam kepada mereka.

Meskipun jumlah pasti dari itinerants tidak diketahui, menurut perwakilan LSM jumlah mereka sekitar 250 pada waktu normal, tetapi mereka mencapai 1.000 orang di bulan Ramadhan.(fq/aa)