Betapa Ngeyelnya Ratko Mladic

Mantan kepala militer Serbia Bosnia Ratko Mladic yang disebut-sebut sebagai penjahat perang Bosnia, dikeluarkan dari sidang pengadilan perang di The Hague setelah bertengkar dengan hakim yang menangani persidangan itu.

Mladic diperintahkan untuk keluar setelah terus mengganggu proses persidangan. Mladic sendiri didakwa dengan kejahatan genosida sehubungan dengan perang Bosnia 1992-95.

Dalam sidang ini, Mladic berusaha untuk berbicara beberapa kali di awal sidang, tetapi Hakim Alfons Orie memintanya untuk tetap diam sampai dia diperbolehkan untuk berbicara.

Ia ditegur oleh hakim karena berbicara pada waktu bukan gilirannya dan malah berkomunikasi dengan publik.

Mladic kemudian menolak untuk memasukkan pembelaan setelah meminta untuk menggati pengacaranya yang disediakan oleh pengadilan.

Ketika Hakim Orie mulai membacakan dakwaan, Mladic berteriak: "Tidak, tidak, aku tidak akan mendengarkan ini tanpa pengacara saya."

"Siapa Anda memangnya? Anda sama sekali tidak mengizinkan saya untuk bernapas," bentak Mladic.

Sesaat sebelum dikawal penjaga Mladic dari pengadilan, dia berteriak pada Hakim Orie: "Anda ingin merusak pertahanan saya. Pengadilan macam apa ini?"

Setelah ia dikeluarkan, hakim membacakan semua 11 dakwaan, termasuk pembunuhan dan genosida, dan permohonan tidak bersalah atas nama Mladic itu.

Menurut wartawan BBC Lauren Comiteau, sejak Mladic masuk ke ruang pengadilan, Mladic benar-benar bertingkah mengesalkan terhadap semua orang dan Comiteau menambahkan bahwa ia belum pernah melihat sesuatu seperti itu dalam 15 tahun ketika meliput pengadilan. (saa/bbc)