Bintang Sepakbola Mesir Gunakan Simbol Salut Rabaa, Undang Reaksi Penyelidikan Polisi

bola mesirTanda ” Rabaa ” sebagai simbol  protes atas pemerintahan boneka Mesir tampaknya selalu menjadi  masalah serius bagi atlet  yang menggunakanannya.

Ahmed Abdel – Zaher , seorang pemain bintang sepak bola klub Al Ahli  di liga utama Mesir  , mengangkat simbol  salut empat jari saat final Liga Champions melawan tim dari Afrika  Selatan,  Orlando Pirates pada hari Minggu .

Tim  Mesir Al Ahli  , sering disebut sebagai ” Setan Merah , ” mengalahkan Pirates 2-0 untuk memenangkan Liga Champions Afrika dengan kemenangan agregat 3-1 .

Pejabat di manajemen klub sepak bola tersebut mengatakan tindakan Zaher  akan diselidiki , sementara di media sosial , penggemar klub Al Ahli juga menyatakan kegusarannya kepada pemain tersebut , dengan  menyerukan juga penyelidikan atas itu.

Zaher membuat simbol tanda Rabaa ketika ia merayakan setelah mencetak gol kedua , kemudian ia mengatakan kenapa ia  lakukan itu hanya  untuk menghormati korban yang gugur  karena serangan pihak kepolisian atas demonstrasi kalangan Islam pada bulan Agustus yang menewaskan ribuan orang dan ribuan terluka, menurut laporan berita online Ahram .

Tapi perilaku  Zaher tersebut ternyata tidak membuat gusar  Menteri Olahraga Taher Abou Zeid – yang dinyatakan pada Minggu malam .

” Al Ahli meraih piala  Champions adalah kemenangan yang lebih besar daripada  tanda Abdel – Zaher itu . Itu  tidak masalah , yang penting adalah bahwa Al Ahli memenangkan gelar, ” kata Abou – Zied dalam wawancara televisi , menurut Ahram Online.

” Al Ahli adalah klub patriotik yang selalu berada di jantung setiap revolusi . ” tambahnya.

Awal bulan ini , atlet  Kung fu  Mesir telah dilarang bertanding selama satu tahun hanya karena  memakai tanda Rabaa pada T -shirtnya. (Arby/Dz)