Bom Hantam Konvoi Kendaraan Kedutaan Prancis di Baghdad Irak

Sebuah bom pinggir jalan meledak Senin pagi ini (20/6) di samping sebuah konvoi Kedutaan Prancis yang bepergian melalui pusat kota Baghdad, melukai tujuh orang, pejabat Irak mengatakan.

Seorang perwira polisi mengatakan bom yang meledak pada sekitar pukul 8:30 pagi waktu setempat, merusak salah satu dari tiga kendaran SUV lapis baja di daerah komersial Karrada yang ada di ibukota Baghdad.

Empat penjaga Irak yang bekerja untuk sebuah perusahaan keamanan swasta yang dipekerjakan oleh kedutaan dan tiga pengamat sipil terluka, kata petugas. Belum diketahui apakah ada staf asing Prancis dalam konvoi tersebut ketika bom meledak.

Serangan hari Senin ini merupakan bagian dari serangkaian serangan yang dilancarkan oleh militan di ibukota Irak selama jam sibuk.

Pada sekitar jam 7 pagi, sekelompok orang bersenjata di mobil yang melaju menembak dan membunuh seorang polisi dengan menggunakan pistol yang dilengkapi dengan peredam suara di daerah barat daya Amil Irak, kata petugas polisi yang lain.

Hampir satu jam kemudian, sebuah bom mobil yang diparkir menargetkan patroli polisi yang lewat di lingkungan Shaab timur laut, menewaskan satu polisi dan melukai empat orang lainnya, kata seorang polisi.

Dan tiga pengamat sipil terluka di pusat Jadriyah ketika sebuah bom pinggir jalan meledak di dekat patroli polisi, kata polisi.

Tiga pejabat rumah sakit mengkonfirmasi jatuhnya korban. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media. (fq/ap)