Brigade Kristen Irak Terbentuk untuk Melawan Daulah Islam

IRAQ-CONFLICT-KURDS-CHRISTIANEramuslim – Brigade Kristen Irak dibentuk untuk pertama kalinya diijinkan untuk membantu merebut kembali kota-kota dan desa-desa  dari Daulah Islam .

Brigade baru disetujui oleh pemerintah daerah otonomi Kurdi Irak, bersama milisi  Peshmerga dalam perang melawan mujahidin Daulah Islam .

Milisi Kristen ini menunjukkan demonstrasi militer dengan melompat melalui cincin api di depan pejabat Kurdi dan Asiria di kota barat laut Fishkhabur, dekat perbatasan dengan Suriah dan Turki.

Sebagian besar warga Kristen Irak tinggal di dataran Niniwe, sebuah daerah antara Mosul dan ibu kota Kurdi Erbil, sebelum pejuang Daulah Islam  menyapu wilayah itu sejak  tujuh bulan yang lalu.

“Sekitar 600 Peshmerga dari saudara-saudara Kristen  di dataran Niniwe bergabung , yang berfokus pada pelatihan fisik, keahlian militer dan latihan menembak,” kata Abu Bakar Ismail, komandan akademi pelatihan.

“Semua peserta adalah sukarelawan … yang ingin membebaskan tanah mereka dari Daulah Islam ,” kata jenderal pasukan khusus Kurdi itu.

Brigade Kristen ini disebut ” Pengawal Harimau” dan dibentuk dari sisa-sisa kekuatan Asyur yang pertama kali dibentuk sejak tahun 2004 untuk melindungi gereja-gereja di wilayah tersebut. (Arby/Dz)