Burcin Mutlu, Hijabers Penemu Galaksi Baru

Eramuslim.com – Ilmu astronomi sudah membuat Dr. Burcin Mutlu-Pakdil jatuh hati sejak kecil. Hijabers berdarah Turki itu selalu senang melihat bintang-bintang di langit. Burcin Mutlu kecil pun bertekad akan mendalami astronomi saat dewasa.

Burcin Mutlu tidak lahir di keluarga kaya. Keluarganya hidup di desa kecil. Kakeknya hidup sebagai petani dan tidak memiliki kesempatan untuk belajar membaca dan menulis. Ayahnya pun harus berhenti sekolah karena permasalahan ekonomi. Pendidikan di desanya tidak dianggap sebagai sesuatu yang penting.

“Bagaimana mungkin saya tidak jatuh cinta dengan bintang-bintang? Sulit bagi saya untuk tidak antusias dengan semesta, tentang Milky Way dan segalanya tentangnya. Saya benar-benar ingin mempelajarinya lebih dan lebih lagi,” tutur Burcin Mutlu kepada Sciencenode.

Hijabers penemu galaksi baru. Foto: Instagram/burcinmutlupakdil

Keuletan dan mimpi besar Burcin membawanya menempuh jenjang pendidikan tinggi. Kini, ia menjadi salah satu ahli astronomi ternama. Ia tergabung dalam Postdoctoral Research Associate di Steward Observatory Universitas Arizona. Sebelumnya, ia menyelesaikan Ph.D di Minnesota Institute untuk konsentrasi Astrophysics.