Cina Kembangkan Teknologi DNA Deteksi Wajah Etnis Muslim Uighur

Eramuslim.com – Ilmuwan Cina sedang mencoba menemukan cara untuk menggunakan sampel DNA untuk membuat gambar wajah seseorang. Ini merupakan upaya pemerintah Beijing untuk mengendalikan kelompok etnis Muslim. Di wilayah Xinjiang di perbatasan barat Cina, pihak berwenang sedang menguji aturan sains.

Para pejabat di Tumxuk telah mengumpulkan sampel darah dari ratusan warga Uighur, sebagai bagian dari upaya pengumpulan DNA massal yang dipenuhi pertanyaan tentang persetujuan dan bagaimana data akan digunakan, seperti yang dilaporkan NYTimes, Selasa (3/12).

Teknologi ini, yang juga sedang dikembangkan di Amerika Serikat dan di tempat lain, sedang dalam tahap awal pengembangan dan dapat menghasilkan gambar kasar yang cukup baik. Namun mengingat tindakan keras di Xinjiang, para ahli etika dalam sains khawatir bahwa China sedang membangun alat yang dapat digunakan untuk membenarkan dan mengintensifkan profil rasial dan diskriminasi negara lainnya terhadap etnis muslim Uighur.

Pemerintah Cina sedang membangun “teknologi yang pada dasarnya digunakan untuk memburu orang,” kata Mark Munsterhjelm, asisten profesor di Universitas Windsor di Ontario yang melacak minat orang Cina pada teknologi tersebut.

Dalam jangka panjang, para ahli mengatakan, bahkan mungkin bagi pemerintah Komunis untuk memberi makan gambar yang dihasilkan dari sampel DNA ke dalam sistem pengawasan massa dan pengenalan wajah yang sedang dibangun, mempererat cengkeramannya pada masyarakat dengan meningkatkan kemampuannya untuk melacak para pembangkang dan pengunjuk rasa serta penjahat.