free hit counters
 

Dalai Lama-Tokoh Budha Berbicara Jihad , dan Tuding IS Membawa Makna Jihad yang Salah

Redaksi – Senin, 26 Zulqa'dah 1435 H / 22 September 2014 08:51 WIB

DalaiLama-300x200Dalai Lama bergabung dengan sikap Barack Obama, David Cameron, Tony Abbott, Paus Francis, dengan mengatakan Islamic State telah lakukan  pembunuhan atas nama agama dengan  ‘penyalahgunaan makna jihad,’ kutip Daily Mail, September 20, 2014:

Ia menekankan kerukunan antar umat beragama dan mendesak semua pemimpin agama untuk tampil dan menjangkau semua orang. Bahkan  Dalai Lama mengatakan aksi membunuh atas nama iman adalah sesuatu yang  ‘mengerikan’.

Pernyataan itu ia sampaikan saat pertemuan diskusi antar pemimpin spiritual dari sembilan agama besar pada hari pertama dari dua hari yang direncanakan, semua agama bertemu pada ‘Tradisi Spiritual Beragam”  di Hyatt Regency India, pada hari Sabtu.

Mengacu yang ia sebut sebagai teroris Islam sering menggunakan kekerasan atas nama jihad, dan para teroris itu menggunakan makna  jihad yang disalahgunakan  , menurutnya jihad adalah istilah suci yang bermakna  memerangi hawa nafsu sendiri.

“Jihad memerangi emosi yang merusak  batin. Semua orang membawa jihad dalam hati mereka, termasuk saya, “kata Dalai Lama.

Dalai Lama mengatakan Muslim India dapat mengambil pelajaran tentang harmonisasi  Syiah-Sunni yang lebih aman di India daripada di Pakistan ….(JL/KH)

Dunia Islam Terbaru